BENING
Vol 9, No 2 (2022): NOVEMBER 2022

ANALISIS PERBANDINGAN CAMEL PADA PT BANK NEGARA INDONESIA, TBK DAN PT BANK RAKYAT INDONESIA, TBK

Sita Ulfa Hidayati (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima)
Ita Purnama (Sekolah Tinggi Ilmu EkonomI Bima)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2022

Abstract

Abstrak Sebuah bank memerlukan analisis kesehatan bank untuk mengetahui kondisinya setelah melakukan kegiatan operasional dalam jangka waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan CAMEL antara Bank Negara Indonesia, Tbk, dan Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Penilitian ini berjenis komparatif menggunakan data kuantitatif dari sumber data sekunder. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu daftar tabel yang berisi data Total Modal, ATMR, kredit bermasalah, total kredit yang diberikan, laba bersih, laba operasional, laba sebelum pajak, total asset, total kredit dan total dana pihak ketiga pada Bank Negara Indonesia, Tbk, dan Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh laporan keuangan Bank Negara Indonesia, Tbk sejak terdaftar di BEI dari tahun 1969 sampai tahun 2020 yaitu selama 51 tahun dan Bank Rakyat Indonesia, Tbk dari tahun 2003 sampai tahun 2020 yaitu selama 18 tahun. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 10 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan studi pustaka, teknik analisa data menggunakan paired sample t test. Hasil perhitungan perbandingan CAMEL Bank Negara Indonesia, Tbk dan Bank Rakyat Indonesia, Tbk  menggunakan rasio CAR, NPL, NPM, ROA, dan LDR dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2020 menyatakan bahwa Bank Rakyat Indonesia, Tbk lebih unggul pada keseluruhan rasio. Keywords: CAMEL,Kesehatan Bank 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

beningjournal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal BENING mempublikasikan artikel ilmih hasil penelitian yang belum dipublikasi dimanapun dan focus pada bidang ilmu Manajemen dan bidang ilmu yang relevan seperti pemasaran, kepemimpinan, managemen keunagan dan bidang ilmu yang relevan lainnya. ...