BENING
Vol 9, No 2 (2022): NOVEMBER 2022

Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid -19

Tio Prasetio (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2022

Abstract

Rendahnya tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia pada indeks 38.03%. Membuat cukup banyak kondisi ekonomi rumah tangga yang mengalami kesulitan keuangan di masa pandemi Covid-19. Kemampuan dan pemahaman dalam mengelola keuangan di masa pandemi Covid-19 perlu dimiliki oleh setiap individu untuk dapat terhindar dari masalah keuangan. Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa dengan tingkat intelektual yang tinggi harus memiliki literasi keuangan yang memadai dengan tercermin dari perilaku keuangan yang baik. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku keuangan mahasiswa pada masa pandemi Covid-19. Metode asosiatif yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini. Teknik pengumpulan data primer melalui pemberian kuesioner kepada 200 Orang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Budi Luhur. Pengolahan data menggunakan software  SPSS Versi 22 dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan antara literasi keuangan dengan perilaku keuangan mahasiswa pada masa pandemi Covid-19. Dengan nilai signifikansi yaitu sebesar 0.000. Artinya semakin tinggi literasi keuangan yang dimiliki oleh mahasiswa maka semakin baik perilaku keuangan mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Serta sebaliknya semakin rendah literasi keuangan mahasiswa maka semakin buruk perilaku keuangan mahasiswa. Penguatan literasi keuangan dibutuhkan untuk mahasiswa FEB Universitas Budi Luhur dalam menumbuhkan perilaku keuangan yang baik serta untuk kesejahteraan masa depan. Kata Kunci: Literasi keuangan, Perilaku keuangan, Mahasiswa, Pandemi Covid-19

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

beningjournal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal BENING mempublikasikan artikel ilmih hasil penelitian yang belum dipublikasi dimanapun dan focus pada bidang ilmu Manajemen dan bidang ilmu yang relevan seperti pemasaran, kepemimpinan, managemen keunagan dan bidang ilmu yang relevan lainnya. ...