Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap siswa SMPK Kelas VIIA SMPK Kobalima Alas. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan beberapa tahap penelitian yaitu perencanaan (plan), tindakan (act), pengamatan (observe) dan refleksi (reflect), ini dilakukan di SMPK Kobalima Alas tahun ajaran 2021/2022. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIA SMPK Kobalima Alas yang berjumlah 21 siswa.Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dengan menghitung rata–rata nilai observasi dengan mengkategori tingkat kemampuan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa kelas VIIA SMPK Kobalima Alas. Data hasil penelitian yang diperoleh dari siklus I dan siklus II menggambarkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 orang meningkat pada siklus II menjadi 16 orang. Persentase ketuntasan kelas pada siklus I sebesar 61,90% meningkat sebesar 14,28% menjadi 76,19% pada siklus II.
Copyrights © 2022