Anak Berkebutuhan Khusus masih mengalami diskriminasi dan pandangan negatif dari masyarakat. Kekurangan anak berkebutuhan khusus sering dijadikan kesempatan oleh orang-orang jahat untuk melakukan penyimpangan sosial. Proses pembentukan karakter harus dilakukan secara khusus dan terus menerus. bukanlah manusia yang hanya memiliki kekurangan. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat serta hasil bimbingan Tahfidz Al-Qur’an dalam pembentukan karakter islami Pendekatan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dikarenakan masalah yang diteliti perlu dijelaskan secara sistematis dan faktual dengan menggambarkan fenomena atau keadaan tempat penelitian. Simpulan dari penelitian ini adalah Ada beberapa bimbingan tahfidz Al-Qur’an yaitu: 1) Bimbingan belajar dan menghafal Al-Qur’an, 2) Bimbingan setoran hafalan, 3) Bimbingan pengulangan hafalan dan 4) Bimbingan motivasi menghafal dan pembentukan karakter; Ada beberapa faktor pendukung dan Penghambat kelancaran berjalannya program bimbingan Tahfidz Al-Qur’an baik dari anak, keluarga, pembimbing maupun fasilitas. Dibutuhkan kerjasama dan dukungan penuh dari semua faktor agar anak mendapatkan hasil yang optimal; hasil dari pelaksanaan bimbingan Tahfidz Al-Qur’an yaitu menghasilkan nilai-nilai karakter islam yaitu nilai ilahiyah (aqidah, ubudiyah dan muamalah) dan nilai insaniyah (etika, sosial dan estetika).  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022