UMKM merupakan faktor yang memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Dalam perkembangannya, UMKM masih mengalami beberapa kendala seperti akses pembiayaan, pemanfaatan teknologi dan pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh financial technology terhadap perkembangan usaha UMKM, baik secara langsung maupun tidak langsung, dengan menggunakan peningkatan modal dan jumlah konsumen sebagai variabel intervening, serta mengetahui strategi pengembangan usaha melalui financial technology. Penelitian dilakukan di Kota Blitar, pengumpulan data melalui kuesioner. Metode penentuan sampel adalah purposive sampling dan menghasilkan 75 sampel. Analisis data menggunakan analisis jalur dengan software SPSS versi 22.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa financial technology secara langsung dan tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan usaha UMKM melalui peningkatan modal dan jumlah konsumen sebagai variabel intervening. Sehingga dapat disimpulkan bahwa financial technology dapat dijadikan sebagai salah satu strategi pengembangan bisnis UMKM. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah menjadi acuan bagi berbagai pihak dalam mengambil keputusan, baik bagi pemerintah, UMKM maupun operator fintech. Kata Kunci: UMKM, Financial technology, Peningkatan Modal, Jumlah Konsumen, Perkembangan Bisnis
Copyrights © 2022