Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 3 No. 4 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal

Strategi Pengembangan UMKM Melalui Financial Technology Dengan Peningkatan Modal Dan Jumlah Konsumen Sebagai Variabel Intervening

Sukma Nawang (Universitas Negeri Malang)
Imam Mukhlis (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2022

Abstract

UMKM merupakan faktor yang memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Dalam perkembangannya, UMKM masih mengalami beberapa kendala seperti akses pembiayaan, pemanfaatan teknologi dan pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh financial technology terhadap perkembangan usaha UMKM, baik secara langsung maupun tidak langsung, dengan menggunakan peningkatan modal dan jumlah konsumen sebagai variabel intervening, serta mengetahui strategi pengembangan usaha melalui financial technology. Penelitian dilakukan di Kota Blitar, pengumpulan data melalui kuesioner. Metode penentuan sampel adalah purposive sampling dan menghasilkan 75 sampel. Analisis data menggunakan analisis jalur dengan software SPSS versi 22.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa financial technology secara langsung dan tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan usaha UMKM melalui peningkatan modal dan jumlah konsumen sebagai variabel intervening. Sehingga dapat disimpulkan bahwa financial technology dapat dijadikan sebagai salah satu strategi pengembangan bisnis UMKM. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah menjadi acuan bagi berbagai pihak dalam mengambil keputusan, baik bagi pemerintah, UMKM maupun operator fintech. Kata Kunci: UMKM, Financial technology, Peningkatan Modal, Jumlah Konsumen, Perkembangan Bisnis

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...