Jurnal Tomalebbi
Volume 9, Nomor 4 (Desember 2022)

DAMPAK PERMAINAN GAME ONLINE TERHADAP MANAJEMEN WAKTU SISWA DI SMPN 2 TOMPOBULU KABUPATEN GOWA

Dewi Handayani (Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum)
Muh Sudirman (Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum)
Andi Aco Agus (Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Abstract: This study aims to determine (1) time management of students who often play online games in SMPN 2 Tompobulu, Gowa regency. (2) teachers ' efforts in dealing with students who are addicted to online games at SMPN 2 Tompobulu. (3) the role of parents in shaping children's time management. This research method uses a descriptive type of research with a qualitative approach. The data analysis technique uses an interactive model by covering three activity streams, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing.The results of this study showed that (1) time management of students who often play online games at SMPN 2 Tompobulu, Gowa regency became irregular with several consequences including: (a) late to school. (b )skipping lessons, (c) not focusing while studying in class, and (d) neglecting other work. (2) the efforts made by teachers in dealing with students who are addicted to online games at SMPN 2 Tompobulu, Gowa regency include (a) providing advice on the use of online games, (b) conducting HP raids, (c) cooperation with parents. (3) the role of parents in shaping children's time management is by (a) building good communication, (b) making a schedule of activities, (c) providing direction to children.Keywords: Impact, Online Games And Time ManagementAbstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Manajemen waktu siswa yang sering memainkan game online di SMPN 2 Tompobulu Kabupaten Gowa. (2) Upaya guru dalam menangani siswa yang kecanduan permainan game online di SMPN 2 Tompobulu. (3) Peran orang tua dalam membangun manajemen waktu anak. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik analisis data menggunakan model interaktif dengan mengcakup tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Manajemen waktu siswa yang sering bermain game online di SMPN 2 Tompobulu Kabupaten Gowa  menjadi tidak teratur dengan beberapa akibat yang ditimbulkan diantaranya: (a) terlambat datang ke sekolah. (b) bolos pelajaran, (c)tidak fokus saat belajar di kelas, dan (d) melalaikan pekerjaan lain. (2) Upaya yang dilakukan oleh guru dalam menangani siswa yang kecanduan game online di SMPN 2 Tompobulu Kabupaten Gowa Meliputi (a) memberikan nasehat mengenai penggunaan game online, (b) melakukan razia HP, (c) kerja sama dengan orang tua murid. (3) peran orang tua dalam membangun manajemen waktu anak adalah dengan cara (a) membangun komunikasi yang baik, (b) membuat jadwal kegiatan, (c) memberikan arahan kepada anak.Kata kunci : Dampak, Game Online dan Manajemen waktu

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tomalebbi

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Memuat Tulisan yang Menyangkut Pemikiran atau Gagasan Hasil Penelitian Hukum dan Pendidikan Pancasila dan ...