Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 3 No. 4 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal

Penerapan Digital Marketing dalam Mempertahankan UMKM di Masa Pandemi Covid-19

Riska Aprilia Putri Wibowo (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka)
Onny Fitriana Sitorus (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2022

Abstract

Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) melaporakan bahwa sebanyak 82,9% UMKM mengalami dampak negatif dari pandemi ini. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui penerapan digital marketing dalam mempertahankan UMKM pada masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling, serta melakukan teknik pengumpulan data dengan tiga macam cara, yaitu teknik observasi pastisipatif aktif, wawancara semi terstruktur, dan studi dokumen. Validasi data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik serta teknik analisis data menggunakan interactive model analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM dapat bertahan pada masa pandemi Covid-19 dengan menerapkan digital marketing ditinjau dari knowledge dengan penerapannya melalui keikutsertaan dalam seminar, pelatihan dan talkshow serta saling membagi informasi pengetahuan (knowledge sharing). Digitalisasi dengan penerapannya melalui iklan (ads) pada e-commerce. Inovasi yaitu penerapannya dengan pembuatan content sosial media dan membangun karakteristik brand awareness. Kata Kunci : Digital marketing, UMKM, Covid-19

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...