JURNAL PERSPEKTIF ADMINISTRASI DAN BISNIS
Vol. 3 No. 1 (2022)

PERANAN MOTIVASI PIMPINAN TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN PADA PT. PLN (PERSERO) KAL-BAR

Abdullah (Politeknik Negeri Pontianak)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2022

Abstract

Peranan Motivasi Pimpinan Terhadap Semangat Kerja Karyawan Pada pada bagian pemutusan dan penyambungan PT. PLN (Persero) Wil. Kal-Bar sangat diperlukan mengingat bagian tersebut pelaksanaan pekerjannya sangat beresiko. Peranan pimpinan dalam memberikan semangat kerja kepada karyawan sangat dibutuhkan. Menurut teori Herzberg (2002) dalam Arep dan Tanjung, faktor-faktor motivasi terdiri dari: Prestasi, Pengakuan, Pekerjaan itu sendiri, Tanggung jawab, Pengembangan potensi individu, Gaji dan upah, Kondisi kerja, Kebijakan dan administrasi perusahaan, Kualitas supervisi. Jika faktor tersebut terimplementasi dengan baik maka akan tercipta motivasi kerja yang optimal oleh pimpinan terhadap anak buahnya. Namun dalam pelaksanaan indikator yang diteliti masih terdapat indikator yang hasil penilaiannya masih rendah yaitu Sangat tidak setuju (STS) 4 indikator dan tidak setuju (TS) 10 indikator. Adapun indikator tersebut adalah Sikap Pimpinan Dalam Memberikan Penjelasan Yang Berhubung Dengan Pekerjaan sudah jelas, Pimpinan selalu menegur Karyawan Masuk Kerja/Masuk Kantor, Sistem Pemberian Upah Yang Diterima sudah sesuai, Penghargaan Atas Prestasi Kerja Karyawan selalu diberikan, Pembagian Tugas Yang Diberikan Pimpinan sudah sesuai, Pimpinan selalu memberi Motivasi/ Dorongan Kepada Karyawan, Penghargaan Atas Prestasi Kerja Karyawan selalu diberikan Tindakan Pimpinan Bila Terjadi Kecelakaan Dalam Bekerja sudah sesuai, Kesesuaian Antara Resiko Pekerjaan Yang Dilakukan Dengan Gaji Yang Diterima sudah sesuai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpab

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Perspektif Administrasi dan Bisnis is an open access journal and peer-reviewed that publishes either original article or reviews. This journal focuses on: Marketing, Human Resources, Financial, Management Information System, Entrepreneurship, Operation Management, Consumer Behavior, Service ...