Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2022): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Juni 2022 - November 2022

ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Maria Selviana Yunita Teto (Universitas Katolik Widya Mandira)
Meliani Lebe Pule (Universitas Katolik Widya Mandira)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Pada era revolusi industri 4.0 dan society 5.0 internet telah menjadi sebuah kebutuhan hidup manusia.Pengguna internet di Indonesia telah mencapai lebih dari 50% jumlah penduduknya. Pengguna internetlebih banyak menggunakan internet untuk mengakses Media Sosial. Matematika mempunyai objek yang bersifat abstrak sehingga dibutuhkan keterampilan untuk bisa mengajarkan matematika supaya menarik dan tidak membosankan. Media sosial dapat menjadi salah satu sarana atau media dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media sosial dalam pembelajaran matematika di program studi pendidikan matematika Universitas Katolik Widya Mandira. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kuantitatif. Data dikumpulkan melalui angket. Subjek dalam penilitan ini yakni dosen dan mahasiswa. Hasil analisis menunjukan bahwa dosen dan mahasiswa di program studi pendidikan matematika Universitas Katolik Widya Mandira merupakan pengguna aktif media sosial. Media sosial yang sering mereka pakai seperti : whatsapp, youtube, zoom meeting. Dan mereka menyatakan bahwa media sosial tersebut sangat membantu mereka dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ASIMTOT

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika diterbitkan oleh program studi pendidikan matematika UNWIRA. pISSN 2685-9009 (media cetak) eISSN 2685-9580 ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian-penelitian yang terkait dengan bidang pendidikan matematika ...