Dakwatuna: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam
Vol 8 No 1 (2022): PEBRUARI

Strategi Promosi dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah di PT. Shofi Tour and Travel Lumajang

Arifin, Zainul (Unknown)
Hadi HM, Syamsul (Unknown)
Hotimah, Khusnul (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2022

Abstract

Indonesia merupakan negara berpenduduk mayoritas muslim, sehingga banyak antusiasme masyarakat untuk melaksanakan ibadah haji dan umroh. Bentuk peluang inilah yang dimanfaatkan oleh perusahan-perusahan, diantaranya adalah perusahaan tour and travel. Kajian ini difokuskan kepada Strategi Promosi yang dilakukan oleh PT. shofi tour and travel Lumajang untuk meningkatkan kepuasan jamaahnya serta factor penghambat dan pendukungnya. Tujuannya adalah untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan dan factor-faktor yang bisa menghambat dan mendukung atas startegi promosi tersebut. Kajian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif melalui proses editing. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut dianalisis secara berulang-ulang. Keabsahan data menggunakan tiga teknik yaitu perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Penelitian ini menghasilkan sebuah temuan bahwa Strategi promosi yang dilakukan oleh PT. shofi tour and travel Lumajang dilaksanakan dengan tiga tahap, yaitu : 1) Perumusan, pada tahap ini perusahaan menggandeng beberapa mitra dan alumni jama’ah untuk berdiskusi dan dimintai masukan-masukan dalam menentukan sebuah strategi promosi di wilayah akar rumput. 2). Pelaksanaan, pada tahap ini perusahaan melaksanakan rumusan-rumusan yang telah dibuat, yaitu : penyebaran brosur, alumni jama’ah di harapkan bisa melakukan word to mouth, penggunaan website, pemberian fee 1 jamaah bagi yang mendapatkan 20 jamaah dan membentuk Koordinator di setiap Kecamatan dan desa. 3). Evaluasi, tahap ini sangat penting untuk mengetahui dan mengukur keberhasilan dari strategi yang telah ditetapkan, beberapa evaluasi yang dilakukan oleh perushaan yaitu : pencapaian penjualan, pangsa pasar, tingkat profitabilitas perusahaan dan solvabilitas perusahaan. Adapun factor yang dapat mendukung berjalannya perusahaan ini adalah adanya pelayaan prima dari seluruh karyawan perusahaan, sedangkan factor penghambatnya adalah persaingan harga antar perusahaan trevel.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dakwatuna

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Dakwatuna is Dawah and Islamic communication Journal. It has been published since 2015 provides a forum for scientific communication of thought and research of Islamic Counseling Guidance, Islamic Broadcasting Communication, Dawah Management. Published twice a year, February and August. The editors ...