Assets : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Vol 12 No 2 (2022): Assets : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi

PENGEMBANGAN MODEL PENERIMAAN INFORMASI (IACM) DENGAN RANKING PRODUK PADA APLIKASI GOFOOD

Reynaldi Dwi Junianta (Universitas Negeri Surabaya)
Sri Setyo Iriani (Unknown)
Harti (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta menganalisis pengaruh ulasan dan bintang terhadap niat beli pengguna aplikasi GoFood. Hal ini didasarkan dari keputusan GoFood untuk menambahkan fitur ulasan pada aplikasinya. Penelitian ini mengembangkan model penerimaan informasi (IACM) dengan menambahkan ranking produk untuk menjawab tujuan penelitian. Model penerimaan informasi yang masih relatif baru dapat dikembangkan dan perlu diuji secara empiris. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan Analisa menggunakan AMOS. Penelitian ini menemukan bahwa ulasan dan bintang mempengaruhi niat beli pengguna aplikasi GoFood. Pengguna aplikasi cenderung mengabaikan kredibilitas ulasan pada platform terpercaya seperti GoFood. Bintang secara parsial tidak dapat mempengaruhi niat beli, namun dengan berinteraksi bersama ulasan melalui adopsi informasi, dapat mempengaruhi niat beli. Ulasan yang tersedia tidak begitu saja digunakan oleh konsumen dalam proses keputusan pembelian. Ulasan akan digunakan ketika konsumen menemukan produk yang tidak begitu dikenal. Ulasan dan bintang penting untuk meningkatkan niat beli konsumen terutama dalam situasi konsumen tidak mengenali produk yang dipesan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

assets

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

The scope of the study in ASSETS: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi covers the study of the field of Economics, Management, and Accounting as well as other general economic fields concept which in particular supports the development of the study of Economics, Management, and ...