Samarinda memiliki destinasi wisata buatan yaitu Pemandian Serayu Lestari yang berlokasi di Jl. Serayu, Tanah Merah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh pengelola Pemandian Serayu Lestari. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran yang dilakukan oleh pengelola Pemandian Serayu Lestari. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah deskriptif kualitatif dengan informan kunci (Key Informan) dan informan pendukung (Informan). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang. Sumber data diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara. Kesimpulan dalam penelitian ini Pemandian Serayu Lestari telah berhasil menerapkan strategi pemasaran 4P, hal ini terlihat dari hasil penelitian dimana jumlah kunjungan wisatawan pada tahun 2021 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, namun strategi pemasaran pada Pemandian Serayu Lestari masih harus diperhatikan dan dikembangkan agar dapat terus meningkatkan kunjungan wisatawan. Saran untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, pengelola diharapkan menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan, memberikan pelatihan kepada karyawan, bekerjasama dengan angkutan umum atau travel, dan meningkatkan promosi yang ada.
Copyrights © 2022