Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL
Vol 10, No 2 (2022): Jurnal Administrasi Bisnis

Analisis Marketing Communication dalam Membangun Brand Image melalui Sosial Media Instagram (Studi Kasus pada Kopiria Samarinda)

Catur Sefti Nanda (Mulawarman University)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial Instagram dalam membangun brand image yang dilakukan oleh Kopiria. Subjek dalam penelitian ini adalah pendiri Kopiria dan juga seseorang yang berperan dalam pemasaran untuk memasarkan produk yang ditawarkan dan membangun citra merek melalui kegiatan komunikasi pemasaran. Dari aspek brand image, melalui konsep marketing communication yang tim Kopiria rumuskan dan dukung realisasinya dengan media sosial Instagram, khususnya fitur-fitur pada Instagram dalam konten Kopiria ternyata tidak sepenuhnya sejalan dengan persepsi followers. Jadi kalau dilihat dari kekuatan brand dan sikap positif followers terhadap perusahaan memang sudah terlihat, namun dari segi keunikan media sosial Instagram masih belum kuat. Kalau dirinci, dari segi konten yang membedakannya dengan kompetitor lain masih terbilang mirip, hanya saja intensitas yang dilakukan Kopiria lebih tinggi dan konten yang diunggah rawan memiliki kesamaan, dimana mayoritas kontennya adalah masih tentang promosi, kuis, giveaway dan sejenisnya. Ini memiliki dampak yang kurang signifikan pada korelasi dengan citra merek. Namun intensitas, skill dan konsistensi Kopiria dalam menghadirkan konten interaktif di media sosial Instagram dalam 3 tahun terakhir mampu membuat konsumen memahami brand image yang ingin dibangun atau dibentuk.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jadbis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL is a journal that publishes current original research on business studies using an interdisciplinary perspective. This publication contains various scientific writings in the form of research results, theoretical and conceptual studies, practical applications ...