Masalah dalam penelitian ini adalah Pengaruh Ulangan Harian Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 2 Baubau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa Ada Pengaruh Ulangan Harian Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 4 Baubau. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian korelasional.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Baubau yang 432 orang siswa.Sampel penelitian ini dengan menggunakan teknik trandom sampling atau sampel acak kelas XI dengan jumlah 109 orang siswa. Instrument penelitian observasi, wawancara, angket/Quesioner dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu rumus product moment, uji t, mean, median, modus, uji validitas, dan uji reliabilitas Hasil penelitian adalah 1) hasil rumus product moment.( r) sebesar 0,80. 2) nilai determinasinya ( r² ) sebesar 0,64 yang di bulatkan 64 % dan selebihnya yang 36 % dipengaruhi oleh faktor lain. 3) Uji t ( t-hitung ) sebesar 1,376. 4)Nilai rata-rata / mean yaitu 55,75, nilai median adalah data nilai urutan ke – 55 yaitu 45 dan nilai modus adalah 45. 5) Uji Validitas 0,865, dan 6) uji uji reiabilitas instrument variabel X di dapatkan hasil r11 = 0,863. Hal ini menujukkan bahwa tingkat reliabilitas instrument termasuk sangat tinggi dapat di simpulkan bahwa Ada Pengaruh i Ulangan Harian Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 2 Baubau. maka dapat di simpulkan bahwa ada Pengaruh Ulangan Harian Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 2 Baubau. r table dengan memperhatikan besarnya = 0,80 yang berkisar antara 0.800 - 1,000 berarti ada korelasi antara variabel X dan variabel Y dan itu termasuk kerelasi positif yang sangat tinggi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022