Proses pemasaran yang dilakukan secara online sudah harus diterapkan pada setiap pelaku usaha seperti kelompok wanita tani yang ada di Desa Sungai Langka, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran yang telah didirikan sejak tahun 2013 dan memiliki jumlah kelompok sebanyak 12 dan masing-masing kelompok memiliki anggota antara 15 sampai 20 anggota. Permasalahan berupa proses pengolahan data kelompok tani dan anggota masih dilakukan secara manual dengan cara mencatat pada buku catatan, sehingga berdampak pada kehilangan data, kerusakan dokumen maupun kesalahan dalam pendataan identitas anggota. Permasalahan pada proses pemasaran produk hasil olahan wanita tani masih dalam lingkup desa dengan cara pameran, status whatsapp dan bazar, sehingga produk hasil olahan tersebut tidak banyak dikenal dan diminati oleh masyarakat diluar lingkungan daerah tersebut. Metode yang digunakan yaitu Design sprint merupakan pendekatan yang berpusat pada manusia (Human centered approaach) terhadap inovasi yang memanfaatkan alat bantu perancangan yang mengintegrasikan kebutuhan manusia. Berdasarkan proses sprint tersebut diperoleh hasil berupa sistem yang dapat memasarkan produk hasil olahan kelompok wanita tani seperti bagian admin yang mengelola data kelompok dan anggota, bagian anggota menambahkan produk dan promosi, bagian konsumen melihat data produk, promosi, kelompok dan informasi yang secara keseluruhan dapat diakses secara online.Kata kunci: Pemasaran, Kelompok Wanita Tani, Sungai Langka, Design Sprint
Copyrights © 2022