Dalam persimpangan jika kendaraan diperbolehkan langsung belok ke kanan dan tidak diperbolehkan langsung belok ke kanan tetapi harus berputar balik untuk sampai pada tujuan ke kanan akan menimbulkan total waktu tempuh yang berbeda. Perbedaan pada kedua model ini adalah waktu tempuh akibat jarak dan waktu tunda akibat lampu merah. Di mana model belok kanan (lampu lalu lintas) akan memiliki waktu tempuh akibat jarak yang lebih pendek tetapi waktu tunda akibat lampu merah yang lebih lama jika dibandingkan dengan model putar balik. Pada penelitian ini perhitungan akan didasarkan pada 2 metode perhitungan yaitu metode tradisional dan metode ideal flow network. Pengumpulan data akan menggunakan metode monte carlo di mana akan dilakukan angka acak yang memiliki probabilitas muncul yang sama sebagai arus kendaraan yang akan lewat. Penelitian ini akan menghasilkan angka kritis yang menunjukan kapan model lampu lalu lintas lebih baik dan kapan model lampu lalu lintas lebih buruk dibandingkan model putar balik.
Copyrights © 2022