Walisongo Journal of Information Technology
Vol 4, No 1 (2022): Walisongo Journal of Information Technology

DESAIN KURIKULUM MAHASISWA TEKNOLOGI INFORMASI UIN WALISONGO MENGGUNAKAN CRITICAL PATH METHOD (CPM)

Nur Cahyo Hendro Wibowo (Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang)
Masy Ari Ulinuha (Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang)
Khusnul Amalia (Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang)
Falis Yusuf Hassan (Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang)
Hasyim Yahya (Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2022

Abstract

Desain kurikulum 2018 dan 2020 menyebutkan mahasiswa harus menempuh total 144 SKS, salah satu untuk mencapai lulusan tepat waktu dengan menggunakan Critical Path Method (CPM), dimana metode ini dapat menjelaskan dan menggambarkan dengan rinci atau detail tahap demi tahap dalam pengambilan matakuliah sekaligus menggambarkan juga resiko kegagalan dengan menggunakan Critical Path Method (CPM). Metode jalur kritis memodelkan semua mata kuliah dalam bentuk jaringan yang saling terhubung. Dalam pendekatan ini, durasi waktu tempuh semua mata kuliah sudah diketahui. Setelah input penjadwalan selesai, dapat dibuat sebuah bagan jaringan antar mata kuliah.Pada kurikulum 2018 jaringan mata kuliah dapat diketahui bahwa seluruh kegiatan perkuliahan berakhir pada 4 Februari 2022. Berarti, mahasiswa angkatan 2018 dijadwalkan lulus sebelum semester VIII dimulai, tepatnya pada tanggal 4 Februari 2022. Dengan demikian, seluruh kegiatan perkuliahan membutuhkan waktu delapan semester sampai mahasiswa lulus. Lebih tepatnya, durasi seluruh kegiatan perkuliahan adalah 1265 hari.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jit

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Walisongo Journal of Information Technology publish article in the field of information technology, including : Computer Architecture, Parallel and Distributed Computer, Pervasive Computing, Computer Network, Embedded System, Human—Computer Interaction, Virtual/Augmented Reality, Computer ...