Biaya untuk mendatangkan pelanggan baru lebih besar dibandingkan dengan biaya untuk mempertahankan pelanggan yang telah ada. Oleh karena itu akan jauh lebih baik bagi rumah sakit untuk mempertahankan pasien yang telah ada dengan menampilkan dan memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas sehingga mampu memberikan kepuasan kepada pasien. Permasalahan yang menyebabkan menurunnya minat kunjungan ulang di poli klinik penyakit dalam dikarenakan mutu pelayanan di poli klinik penyakit dalam masih kurang baik serta minimnya fasilitas yang tersedia membuat pasien tidak nyaman. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh persepsi pasien tentang mutu pelayanan dan fasilitas terhadap minat kunjungan ulang di poli klinik penyakit dalam RSUD Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak. Penelitian ini menggunakan metode analitik kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Accidental Sampling yaitu dengan cara mengambil responden yang kebetulan ada atau tersedia di lokasi pada saat penelitian berlangsung. Dari hasil penelitian ini dengan menggunakan uji statistic Chi-Square (Fisher’s Exact Test) pada derajat kepercayaan 95% (α=0,05) diperoleh nilai P-Value=0,000 (p<0,05) menunjukkan bahwa ada pengaruh persepsi pasien tentang mutu pelayanan terhadap minat kunjungan ulang di poli klinik penyakit dalam RSUD Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak. Dari hasil uji statistic Chi Square (Continuity Correction) pada derajat kepercayaan 95% (α=0,05) diperoleh nilai P-Value = 0,000 (p<0,05) yang berarti ada pengaruh fasilitas dengan minat kunjungan ulang di poli klinik penyakit dalam RSUD Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak. Kesimpulan dalam penelitian ini ialah ada pengaruh antara persepsi pasien tentang mutu pelayanan terhadap minat kunjungan ulang di poliklinik penyakit dalam dan ada pengaruh antara fasilitas kesehatan dengan minat kunjungan ulang terhadap pelayanan yang ada di poli klinik penyakit dalam RSUD Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak. Saran dari penelitian ini diharapkan supaya lebih meninjau kembali para petugas kesehatan dalam memberikan mutu pelayanan dan fasilitas terhadap pasien rawat jalan.
Copyrights © 2020