Circle: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 2 No. 02 (2022): September 2022

Efektivitas Penerapan Model Contextual Teaching and Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis pada Materi SPLDV

Nusrotul Imamah (Institut Agama Islam Negeri Kudus)
Arghob Khofya Haqiqi (Institut Agama Islam Negeri Kudus)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya pemahaman konsep peserta didik pada materi SPLDV. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini menggunakan metode true eksperimental design dengan desain pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari kelas VIII A, VIII B, dan VIII C pada MTs Hidayatul Mustafidin. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling didapatkan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Hasil pelaksanaan pembelajaran kelas eksperimen menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematis. Pada uji gain ternormalisasi menunjukkan peningkatan nilai kelas eksperimen sebesar 0,48 dengan interpretasi sedang, dan kelas kontrol sebesar 0,13 dengan interpretasi rendah. Penelitian ini mengindikasikan bahwa model Contextual Teaching and Learning dapat dijadikan alternatif model pembelajaran untuk mengembangkan pemahaman konsep matematis pada materi SPLDV.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

circle

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Circle: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN 2776-6268, e-ISSN 2777-1008) is a scientific, peer-reviewed and open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of mathematics education. Author can be lecture, teacher, reseacher, and even ...