Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness)
Vol. 10 No. 2 (2022): Desember 2022 (Jurnal Agribisnis Indonesia)

SELERA PENDUDUK KOTA TERHADAP FAST FOOD (STUDI KASUS KONSUMEN 7SEVENCHICKEN MALANG, INDONESIA)

M. Zul Mazwan (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Peternakan, Universitas Muhammadiyah Malang)
Musta’in Islami Imran (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Peternakan, Universitas Muhammadiyah Malang)
Gumoyo Mumpuni (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Peternakan, Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Era teknologi informasi dan globalisasi saat ini membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat, diantaranya adalah perubahan gaya hidup terutama pada pola konsumsi yang memunculkan konsep penghidangan makanan yang praktis, efisien waktu, rasa dan harga terjangkau yaitu fast food. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui karakteristik konsumen fast food di Kota Malang, (2) mengetahui faktor utama yang dianggap paling penting oleh konsumen dalam mengkonsumsi fast food di Kota Malang, (3) mengetahui selera konsumen terhadap fast food di Kota Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan kombinasi metode accidental sampling dan purposive sampling hingga diperoleh 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis konjoin. Konsumen yang mengkonsumsi fast food didominasi oleh jenis kelamin laki-laki yang mayoritas berstatus sebagai mahasiswa, serta berada pada rentang usia 20 hingga 24 tahun, dan berasal dari wilayah Jawa Timur. Sebagian besar konsumen memiliki uang saku Rp1.000.000-Rp1.500.000 per bulan. Berdasarkan hasil analisis konjoin diketahui bahwa faktor utama yang dianggap penting oleh konsumen dalam melakukan pembelian yaitu faktor produk diikuti kemasan, fasilitas dan harga. Selera konsumen pada harga berkisar Rp20.000-Rp30.000. Sehubungan dengan variabel kemasan, konsumen banyak menyukai kemasan besar. Fasilitas yang disukai konsumen yaitu fasilitas co-working space dan produk yang paling banyak disukai konsumen yaitu produk olahan ayam.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jagbi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Indonesian Agribusiness is a periodical scientific journals of agribusiness in Indonesia. This journal is media of information dissemination which is the thinking results and research of lecturers, researchers and practitioners who are interested in agribusiness development. This journal ...