Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu (1) untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen menggunakan metode mind mapping mahasiswa semester dua Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,Universitas Tomakaka Mamuju.(2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan mahasiswa semester dua pendidikan bahasa dan sastra indonesia,Universitas Tomakaka Mamuju dalam menulis cerpen menggunakan metode mind mapping. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus, yang terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester dua Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,Universitas Tomakaka Mamuju yang diambil secara sengaja (purpossive sampling)yakni sebanyak 28 mahasiswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui test tertulis dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan menulis cerpen menggunakan metode mind mapping mahasiswa semester dua Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia,Universitas Tomakaka Mamuju mengalami peningkatan, yakni sebesar 39,3%. (2) Peningkatan kemampuan mahasiswa semester dua Pendidikan Bahasa dan sastra indonesia Universitas Tomakaka dalam menulis cerpen dengan menggunakan metode mind mapping menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Merujuk pada analisis data hasil tes menunjukkan skor sebesar 78,6% yang dikategorikan dalam klasifikasi tuntas secara klasikal. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen mahasiswa semester dua Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia Universitas Tomakaka.
Copyrights © 2021