JURNAL EDUKASI NONFORMAL
Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Edukasi NonFormal

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENYAJIKAN GAGASAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 MAMUJU

Ansar Ansar (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran concept sentence dalam meningkatkan kemampuan menyajikan gagasan dalam bentuk teks deskripsi siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mamuju, (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyajikan gagasan dalam bentuk teks deskripsi siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mamuju menggunakan model pembelajaran concept sentence. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen One Group Pre-test Post-test Design, yaitu Kelompok Tunggal yang tidak mengenal kelompok pembanding yang subjeknya diteliti secara serentak atau sekaligus menjadi kelompok eksperimen dan kelompok pembanding. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII Sekolah Menenngah Pertama Negeri 2 Mamuju yang diambil secara sengaja yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Data penelitian ini dikumpulkan melalui test tertulis dan Observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan model Pembelajaran Concept Sentence efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan menyajikan gagasan dalam bentuk teks deskripsi siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mamuju. (2) Peningkatan kemampuan menyajikan gagasan dalam bentuk teks deskripsi siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mamuju menunjukkan hasil yang sangat positif, yaitu Nilai rata-rata pada pretest 54,06%, dengan nilai minimum 25, maximum 75, dan nilai pada saat setelah pemberian treatment dengan menggunakan model pembelajaran concept sentence nilai rata-rata pada posttest 76,72%, minimum 60 dan maximum 90. Merujuk pada analisis data hasil observasi menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai hasil belajar pada Posttest dan perubahan sikap siswa menjadi lebih positif setelah diterapkan model pembelajaran concept sentence. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Concept Sentence efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan menyajikan gagasan dalam bentuk teks deskripsi siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mamuju.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JENFOL

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Pendidikan Non Formal mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di Indonesia. ...