Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan pecahan pada siswa kelas III. Penelitian ini dilaksanakan di UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas III UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dengan menerapkan model quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan pecahan siswa kelas III UPT. SD Negeri 21 Limo Kaum. Dilihat dari tes pra siklus diperoleh nilai rata – rata 63,81 dengan ketuntasan belajar 42,86%, sedangkan pada siklus I diperoleh nilai rata – rata 74,76 dengan ketuntasan 61,90% dan pada siklus II diperoleh nilai rata – rata 84,76 dengan ketuntasan belajar 90,48%. Begitupula dengan hasil observasi aktivitas siswa yang mengalami peningkatan, pada siklus I yaitu 71% dan pada siklus II meningkat menjadi 85%.
Copyrights © 2022