Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas
Vol 6 No 1 (2022): Vol.6,No.1,2022

PENGARUH BEBAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI VISESA UBUD RESORT, GIANYAR BALI

I Wayan Purnayasa (Diploma IV Pariwisata Universitas Udayana)
Fanny Maharani Suarka (Udayana University)
I Nyoman Tri Sutaguna (Udayana University)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2022

Abstract

Kepuasan kerja merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk mendapatkan hasil kerja yang optimal. Kepuasan kerja sendiri dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya yakni beban kerja. Berdasarkan hasil wawancara dengan Human Resort Department didapat beberapa keluhan mengenai kepuasan kerja karyawan yaitu gaji, tunjangan dan fasilitas oleh karena itu kepuasan karyawan perlu di perhatiakan sehingga dibutuhkan penelitian tentang kepuasan kerja di Visesa Ubud Resort. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh beban kerja terhadap kepuasan kerja karyawan di Visesa Ubud Resort Ubud Bali. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif, sedangkan untuk sumber data dilakukan dengan data primer dan sekunder. Pengambilan sampel menggunakan teknik Quota Sampling dengan 28 pertanyaan dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Penyebaran dilakukan melalui teknik Random Sampling. Pada penelitian ini digunakan analisis data yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Statistik deskriptif yaitu dengan skala Likert dan statistik inferensial yaitu uji validitasi, uji reliabilitas, analisis regresi sederhana, uji korelasi, uji t-test, analisis koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS version 25.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa beban kerja (X) berpengaruh positif terhadap kepuasan karyawan. Nilai determinasi yang didapatkan adalah sebesar 42,6 %, dimana artinya kepusan kerja dipengaruhi oleh beban kerja 42,6 %. Sedangkan sisanya 57,4 % dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun saran yang dapat diberikan kepada pihak hotel agar lebih memperhatikan waktu istirahat, jumlah karyawan, gaji, tunjangan dan promosi agar beban kerja karyawan dapat berkurang dan meningkatkan kepuasan karyawan. Kata kunci: Beban Kerja, Kepuasan Kerja, Karyawan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkh

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research ...