Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah tabungan pada PT BPR Cincin Permata Andalas. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan riset lapangan dan riset pustaka. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, sampel yang digunakan adalah 96 orang nasabah tabungan PT BPR Cincin Permata Andalas. Metode analisis menggunakan model regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat kepercayaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan PT BPR Cincin Permata Andalas. (2) Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan PT BPR Cincin Permata Andalas. (3) Tingkat kepercayaan dan kualitas pelayanan secara simultan bepengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan PT BPR Cincin Permata Andalas. Besarnya kontribusi pengaruh tingkat kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah tabungan PT BPR Cincin Permata Andalas adalah sebesar 16% sedangkan sisanya sebesar 84% yang dipengaruhi oleh variabel-variabel independen lain diluar penelitian ini yang mempengaruhi loyalitas nasabah.
Copyrights © 2022