AKSES: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 17, No 2 (2022): AKSES: JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

Pengaruh Kualitas Pelayanan, Customer Relationship Marketing dan Corporate Social Responsibility Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Simpan Pinjam

Yulekhah Ariyanti (Unknown)
Siti Safa’atul Mar’ah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, customer relationship marketing dan coroprate social responsibility terhadap loyalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Koperasi Simpan Pinjam Bhina Raharja, sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dan diolah menggunkan SPSS 21. Data yang digunkan dalam penelitian adalah data primer dan sekunder dengan menggunkan metode observasi, kuisioner dan studi pustaka. Metode analis menggunakan analisi regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas pelayanan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas anggota dengan t hitung 1.805 > t tabel 1,984 dan tingkat signifikansi 0,074 > 0,05, (2) customer relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota dengan t hitung 2.003 > t tabel 1,984 dan tingkat signifikansi 0,048 < 0,05, (3) corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota dengan t hitung 3119 > t tabel 1,984 dan tingkat signifikansi 0.002 < 0,05, (4) kualitas pelayanan ,customer relationship marketing dan corporate social responsibility secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas anggota dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan F hitung sebesar 6,921 > F tabel 2,70,Nilai R-square untuk kualitas pelayanan, customer relationship marketing dan corporate social responsibility sebesar 0,178 yang artinya kualitas pelayanan, customer relationship marketing dan corporate social responsibility dapat menjelaskan variasi dari variabel loyalitas anggota sebesar 17,8 % sedangkan sisanya 82,2 % dipengaruhi oleh variabel – variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AKSES

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

AKSES: Jurnal Ekonomi dan Bisnis is a peer-reviewed journal which is published by Islamic Faculty Wahid Hasyim Semarang incorporate with the scholars association, is scientific journal in the field of economic studies published by Economic Faculty, Wahid Hasyim University, Semarang, Indonesia. It is ...