Perkembangan dalam dunia bisnis tidak hanya bergantung pada kualitas produknya saja, tetapi juga melihat dari sisi kualitas layanan yang diberikan oleh toko. Memberikan pelayanan yang bermutu tinggi dapat memberikan keselarasan terhadap kebutuhan pelanggan. Customer Relationship Management (CRM) merupakan strategi bisnis yang terdiri dari software dan layanan yang didesain untuk meningkatkan keuntungan (profit), pendapatan (revenue) dan kepuasan pelanggan (customer satisfaction). Klasifikasi merupakan proses penemuan model yang menggambarkan dan membedakan kelas data, atau cara mengklasifikasi data kedalam satu atau beberapa kelas yang sudah didefinisikan sebelumnya. Teknik klasifikasi yang banyak digunakan secara luas, diantaranya adalah Neural, Rough sets, K-nearest Neighbor. Dalam meningkatkan penjualan dan pengelompokan barang yang lebih banyak digunakan Customer Relationship Management dengan metode K-Nearest Neighbor untuk meningkatkan kualitas pelayanan produk dengan melakukan komunikasi dengan pelanggan secara rutin dan terjadwal dengan media sosial ditujukan agar konsumen tidak ketinggalan informasi seputar produk dan memperluas pangsa pasar untuk penjualan produk. Data yang digunakan adalah data produk beserta harga dan stok, dengan adanya data tersebut akan didapatkan hasil perangkingan produk mana yang terjual
Copyrights © 2022