Jurnal Somasi (Sosial Humaniora Komunikasi)
Vol. 3 No. 1 (2022): Juli 2022

PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU DALAM PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MEDAN

Muhammad Farhan (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena guru yang mempunyai kompetensi mengajar yang baik tidak mudah ditemukan, termasuk juga guru yang mengajar pada SMA Muhammadiyah 1 Medan, oleh sebab itu kompetensi guru bukanlah persoalan yang berdiri sendiri, tetapi dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah faktor latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar dan training keguruan yang pernah diikuti. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan: 1) Observasi, yaitu mengadakan pengamatan langsung ke lokasi penelitian dalam hal ini disekolah SMA Muhammadiyah 1 Medan. 2) Angket, penulis mengajukan pertanyaan tertulis berupa angket dengan berbagai alternatif jawaban yang akan diisi oleh responden yaitu sampel yang sudah di tetapkan. 3) Dokumentasi , penulis memperoleh data berdasarkan data dokumentasi terutama masalah aktivitas belajar siswa yang diperoleh berdasarkan hasil angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas SMA Muhammadiyah 1 Medan memiliki persepsi yang baik terhadap kompetensi guru PAI adalah tergolong baik dengan rata-rata persentase sebesar 77,79%.

Copyrights © 2022