Salah satu kota yang telah mengimplementasikan e-government di Indonesia adalah Kota Palembang. Dengan adanya e-government dapat membantu pemerintah untuk meningkatkan kualitas layanan dalam penyampaian informasi yang dapat meningkatkan komunikasi dan interaksi antara masyarakat dan pemerintah, akan tetapi seberapa besar peranan e-government dalam mendukung pemerintah kota Palembang untuk berinteraksi dengan seluruh masyarakat termasuk masyarakat yang berada di rural area. Salah satu kendala layanan administrasi adalah masyarakat masih mengalami kesulitan dalam pembuatan surat pengantar untuk mengurus KTP atau KK karena harus datang langsung bertemu RT dan proses pembuatan surat pengantar masih dilakukan secara manual, sehingga diperlukan sebuah layanan e-government berbasis mobile yang dapat digunakan masyarakat tanpa harus datang langsung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, wawancara, observasi, dokumentasi dan framework Information Technology Infrastructure Library (ITIL). Hasil penelitian ini berupa layanan e-government yaitu layanan administrasi kepada masyarakat Kelurahan Talang Betutu Kecamatan Sukarami Kota Palembang berbasis mobile.
Copyrights © 2022