JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)
Vol 9 No 2 (2022): JMBI UNSRAT Volume 9 Nomor 2

ANTESEDEN DAN KONSEKUENSI DARI COMPULSIVE BUYING BEHAVIOR YANG DIMODERASI OLEH PENGELOLAAN KEUANGAN PADA MAHASISWA YANG BEKERJA DI JABODETABEK

Kukus Mantili Asri (Universitas Trisakti)
Farah Margaretha Leon (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2022

Abstract

Abstract: This study investigates the determinants of compulsive buying behavior and ascertains the effect of compulsive buying behavior on the tendency of individuals to depend on loans and fall into financial problems. The purpose of this research is to test and obtain empirical evidence related to the factors that influence the nature of a person in spending his money to buy something. The sample in this study amounted to 205 students who are already working in JABODETABEK. Samples were obtained through the distribution of research questionnaires via google form. The data analysis method used Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) analysis tool. The findings of this study prove that Materialism, socioeconomic status, time prosperity have a positive effect on compulsive buying behavior and financial management has no effect on compulsive buying behavior, further proving that Financial Management does not moderate the influence between Materialism, social status, time prosperity, loan dependence, on compulsive buying behavior. With this research, it is hoped that it can help students in overcoming compulsive purchases to maintain the stability of expenditures that should have been planned properly in advance to avoid waste that results in financial problems in the future. There is a novelty in this study is adding gender as a control variable.    Abstrak: Penelitian ini menyelidiki faktor-faktor penentu perilaku pembelian kompulsif dan memastikan efek dari perilaku pembelian kompulsif pada kecenderungan individu untuk bergantung pada pinjaman dan jatuh ke dalam masalah keuangan. Tujuan penelitian adalah menguji dan memperoleh bukti empiris terkait faktor-faktor yang mempengaruhi sifat seseorang dalam mengeluarkan uang nya untuk membeli sesuatu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 205 mahasiswa yang sudah bekerja di JABODETABEK. Sampel diperoleh melalui penyebaran kuisioner penelitian melalui google form. Metode analisis data menggunakan alat analisis Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Temuan dari penelitian ini membuktikan bahwa Materialisme, status sosial ekonomi, kemakmuran waktu berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian kompulsif dan manajemen keuangan tidak berpengaruh terhadap  perilaku pembelian kompulsif, selanjutnya membuktikan bahwa Manajemen Keuangan tidak memoderasi pengaruh antara Materialisme, status social, kemakmuran waktu, ketergantungan pinjaman, terhadap perilaku pembelian kompulsif. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam hal mengatasi pembelian yang komplusif untuk menjaga kestabilan pengeluaran yang seharusnya direncanakan sebelumnya secara benar agar terhindar dari keborosan yang mengakibatkan masalah keuangan dikemudian hari. Terdapat kebaruan dalam studi ini yaitu dengan menambahkan jenis kelamin sebagai variabel kontrol.

Copyrights © 2022