Sekolah Dasar ii6 iiLawa iiKab.iiMuna iiBarat merupakan iisalah iisatu sekolah iiyang telah melakukan pengembangan iigerakan literasi sekolah.iGerakan literasi ini sejalan dengan tujuan kurikulum nasional (Kurikulum 2013) yang menuntut siswa berkontribusi dalam kemajuan pendidikan di Indonesia. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan gerakan literasi dasar sekolah untuk menumbuhkan minat membaca siswa di SD Negeri 6 Lawa Kab. Muna Barat dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program gerakan literasi sekolah. Penelitian ini menggunakan Konsep gerakan literasi sekolah (Mulyo Teguh 2017). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru, Pengelolah Perpustakaan, dan Siswa.Penelitian ini dilakukan dari bulan Februari2022 hingga April 2022. Data dalam penelitian diperoleh melaluli observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pada penerapan gerakan literasi dasar sekolah di SD Negeri 6 Lawa Kab. Muna Barat ada beberapa tahapan yang dilakukan yaitu tahap pembiasaan melakukan kegiatan membaca pagi atau biasa di sebut dengan reading morning dilakukan selama kurang lebih 15 menit, dan tahap kedua yaitu tahap pengembangan melakukan kegiatan membaca buku dengan nyaring, membaca dalam hati dan membaca bersama atau biasa disebut dengan shared reading dan dilakukan selama kurang lebih 15 menit, dan tahap ketiga yaitu tahap pembelajaran melakukan kegiatan literasi pembelajaran dimana guru memberikan buku pengayaan dan buku non pelajaran, dan dilakukan selama kurang lebih 15 menit.
Copyrights © 2022