Journal of Economics and Business UBS
Vol. 11 No. 2 (2022): Journal of Economics and Business UBS

Analisi Perilaku Belanja Mahasiswa Stie Unisadhuguna Angkatan 2018 Dalam Menggunakan E-Commerce

A.B. Christono (Program Studi Ekonomi Pembangunan, STIE Unisadhuguna)
Tirza Junike Andrea Takayeitou (STIE Unisadhuguna, Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana perilaku berbelanja mahasiswa STIE Unisadhuguna khususnya mahasiswa cabang Pondok Indah angkatan 2018 dalam pemanfaatan e-commerce. Penelitian ini menggunakan teori e-commerce dari DeLone dan McLean (dalam Jogiyanto, 2007) yang menjelaskan bahwa e-commerce memiliki indikator seperti informatif, efisien, efektif, transaktif, dan dapat diakses, serta Kotler dan Armstrong, (2008:246) mengenai perilaku konsumsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma post-positivisme. Peneliti menentukan sumber dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa perilaku berbelanja mahasiswa STIE Unisadhuguna angkatan 2018 cabang Pondok Indah sangat dipengaruhi oleh penggunaan e-commerce, hal ini didukung oleh teknologi informasi yang saat ini sedang digunakan oleh masyarakat dan khususnya generasi milenial.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

joeb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Economics & Business UBS adalah jurnal yang diterbitkan sebulan sekali oleh STIE UniSadhuGuna. Jurnal Indonesia Sosial Sains akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu sosial dan ekonomi. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan ...