Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji cara belajar siswa saat pandemi covid-19 dan dampak sosial dari perubahan cara pembelajaran dari tatap muka ke media online. Metode penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknis pengumpulan datanya yaitu studi pustaka, studi lapangan, wawancara, serta dokumentasi. Penelitian ini menunjukan bahwa Proses Interaksi guru dan siswa pada masa pandemi Covid-19 sekolah menerapkan pembelajaran online atau daring di rumah untuk mencegah penyebaran virus corona .Pembelajaran daring lebih menekankan pada ketelitian dan kejelian peserta didik dalam menerima dan mengolah informasi yang disajikan secara online. Dampak positif dari pembelajaran masa pandemi covid-19 di SD kofalagadi yaitu terhindarnya penyebaran covid-19 dan adanya bimbingan yang lebih dari orang tua siswa. Dampak negative dari pembelajaran masa pandemi covid-19 di SD Kofalagadi dalam proses belajar mengajar. Dampak terhadap perubahan proses pembelajaran tentunya berdampak positif dan juga berdampak negatif pada guru dan siswa yang berada di desa Kofalagadi, adapun dampak positif yang terjadi terdiri dari pendidikan sedangkan dampak negatif yang terjadi adalah kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran online dan hilangnya minat belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022