NUCLEUS: Jurnal Sains dan Teknologi
Vol 3 No 2 (2022): NUCLEUS

Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Kalor

Yuli Khotimah (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Ade Yeti Nuryantini (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Adam Malik (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan dengan penerapan strategi pembelajaran AKS serta peningkatan pemahaman konsep peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design, dengan desain one-group pretest-posttest. Penelitian dilakukan di kelas X MIA-5 SMAN 1 Rancaekek. Sampel sebanyak 43 orang ditentukan dengan teknik sampling purposive. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata seluruh pertemuan aktivitas guru sebesar 98 dan aktivitas peserta didik 94 yang termasuk pada kategori sangat baik. Selain itu terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada materi kalor dengan peningkatan sebesar 0,58 yang termasuk pada kategori sedang. Dengan demikian, strategi pembelajaran AKS dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi kalor.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nucleus

Publisher

Subject

Chemistry Computer Science & IT Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

Nucleus is a journal published by Neolectura, issued two times in one year. Nucleus is a scientific publication media in the form of conceptual paper and field research related to science and technology studies. It is hoped that Nucleus can become a media for academics and researchers to publish ...