NUCLEUS: Jurnal Sains dan Teknologi
Vol 3 No 2 (2022): NUCLEUS

Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Fleming terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Materi Trigonometri : (Study kasus MAN 4 Kebumen)

Nita Susanti (Universitas Indraprasta)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar peserta didik dengan model pembelajaran STAD lebih baik dari pada model pembelajaran Fleming pada materi trigonometri. Prestasi belajar peserta didik dengan model pembelajaran STAD lebih baik dari pada model pembelajaran Fleming pada materi trigonometri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA MAN 4 KEBUMEN yang terdiri dari tiga kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas dengan jumlah peserta didik seluruhnya 73. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t multivariat dan dilanjutkan dengan uji t univariat secara terpisah. Dari uji t multivariat diperoleh: prestasi belajar peserta didik dengan model STAD lebih baik dari pada model pembelajaran Fleming pada materi trigonometri, dan dilanjutkan dengan uji t univariat diperoleh: prestasi belajar peserta didik dengan model pembelajaran STAD lebih baik dari pada model pembelajaran Fleming pada materi trigonometri. Ini menunjukan bahwa model pembelajaran STAD dapat digunakan sebagai masukan bagi guru dan calon guru dalam pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nucleus

Publisher

Subject

Chemistry Computer Science & IT Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

Nucleus is a journal published by Neolectura, issued two times in one year. Nucleus is a scientific publication media in the form of conceptual paper and field research related to science and technology studies. It is hoped that Nucleus can become a media for academics and researchers to publish ...