IKRA-ITH EKONOMIKA
Vol 5 No 3 (2022): IKRAITH-EKONOMIKA Vol 5 No 3 November 2022

Analisis Penerapan Strategi Business Model Canvas (BMC) Pada Komunitas Kuliner STII-OK OCE Untuk Tumbuh Dan Bangkit Lebih Kuat Di Era Digitalisasi

Nafisah Yuliani (Universitas Persada Indonesia Y.A.I)
Halimah Tunafiah (Universitas Persada Indonesia Y.A.I)
Sri Retnaning Sampurnaningsih (Universitas Pamulang)
Jeni Andriani (Universitas Pamulang)
Desyi Erawati (Universitas Tama Jagakarsa)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan strategi pengembangan bisnis melalui pendekatanBusiness Model Canvas (BMC) agar dapat diterapkan pada UMKM Komunitas Kuliner STII-OKOCE dalam pengembangan usaha jangka panjang. Data primer diperoleh dari responden UMKMKomunitas Kuliner STII-OK OCE melalui instrumen googleform dengan skala likert 1-5menggunakan teknik purposive sampling. Strategi yang ditambahkan dalam Customer segments :pencinta makanan sehat karena perubahan perilaku konsumen akan berpengaruh terhadap penjualansuatu produk, Value Propotitions : penggunaan bahan baku yang berkualitas dan higienes,penambahan inovasi dan kreatifitas dalam proses penyajian dan desain packing. Tersedianpemesanan dalam bentuk customization. Adanya garansi jika produk yang dihasilkan rusak/cacat.Channel : pemasaran melalui media sosial dan pemasaran online via aplikasi yang tersedia. Prosespembayaran bisa menggunakan non cash untuk meminimalkan resiko kontak antara penjual danpembeli. Pemasaran berbasis Web bermanfaat agar jangkauan penjualan makin meluas dan makindikenal. Customer Relationships : pelayan terbaik buat pelanggan, promo, diskon, giveaway.Revenue Stream: penjualan online via pemesanan aplikasi gofood dan gojek, pendapatan yangdihasilkan dari proses pembayaran bertahap atau akibat adanya layanan tambahan. Key resources :adanya kerjasama dan database pelanggan yang meningkat, tenaga kerja yang kompeten danmenguasai IT. Key Activities : pengaturan serta pengawasan kegiatan produksi serta adanyapemecahan masalah dalam usahanya meliputi : pembelian bahan baku, pengolahan bahan bakumenjadi produk jadi, pengemasan produk, pelayanan dalam pengantaran. Key Partnerships :membangun hubungan baik ini terhadap pemasok bahan baku dan panitia pameran-pameran . Coststructure : pencatatan yang riil dan real time untuk semua biaya produksi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IKRAITH-EKONOMIKA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

This scientific journal of IKRA-ITH Ekonomiika is a Scientific Journal for the publication of economic papers published by the YAI University Persada Indonesia Research and Community Service Institute. This scientific journal is a means of pouring ideas and lecturer papers working in the field of ...