Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (Jinteks)
Vol 4 No 2 (2022): EDISI 12

IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEBSITE PADA CV. PERMATA DIGITAL PRINTING

I Made Adi Mahendra (STMIK Primakara)
I Gede Putu Krisna Juliharta (STMIK Primakara)
I Nyoman Yudi Anggara Wijaya (STMIK Primakara)



Article Info

Publish Date
23 May 2022

Abstract

Permata Digital Printing merupakan perusahaan yang bergerak di bidang digital printing dan advertising yang berpusat di Kota Denpasar. Saat ini belum menerapkan konsep CRM sehingga kurang maksimal dalam melayani pelanggan. Peningkatan pelayanan perlu dilakukan guna mencapai tujuan CRM dalam meningkatkan kepuasan pelanggan serta menjaga loyalitas pelanggan. Perancangan CRM menggunakan Metode CRM-IRIS dengan menganalisis kerangka organisasi,  strategi pelanggan, hubungan dengan pelanggan, serta merancang sistem CRM. Hasil analisis hubungan pelanggan ditemukan poin permasalahan yang diselesaikan dengan mengimplemantasikannya ke sistem CRM berbasis Website. Website ini mempunyai halaman admin dan halaman pelanggan dengan penggunaan yang berbeda. Hasil sistem tersebut kemudian diuji menggunakan Kuesioner SUS yang diberikan kepada Responden. Hasil website yang di rancang tersebut dapat memberikan solusi bagi perusahaan dalam menjaga loyalitas pelanggan dengan memberikan pelayanan yang maksimal. Kata kunci: CRM, Website, Metode CRM-IRIS, Kuesioner SUS, Digital Printing.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JINTEKS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (JINTEKS) merupakan media publikasi yang dikelola oleh Program Studi Informatika, Fakultas Teknik dengan ruang lingkup publikasi terkait dengan tema tema riset sesuai dengan bidang keilmuan Informatika yang meliputi Algoritm, Software Enginering, Network & ...