Permata Digital Printing merupakan perusahaan yang bergerak di bidang digital printing dan advertising yang berpusat di Kota Denpasar. Saat ini belum menerapkan konsep CRM sehingga kurang maksimal dalam melayani pelanggan. Peningkatan pelayanan perlu dilakukan guna mencapai tujuan CRM dalam meningkatkan kepuasan pelanggan serta menjaga loyalitas pelanggan. Perancangan CRM menggunakan Metode CRM-IRIS dengan menganalisis kerangka organisasi, strategi pelanggan, hubungan dengan pelanggan, serta merancang sistem CRM. Hasil analisis hubungan pelanggan ditemukan poin permasalahan yang diselesaikan dengan mengimplemantasikannya ke sistem CRM berbasis Website. Website ini mempunyai halaman admin dan halaman pelanggan dengan penggunaan yang berbeda. Hasil sistem tersebut kemudian diuji menggunakan Kuesioner SUS yang diberikan kepada Responden. Hasil website yang di rancang tersebut dapat memberikan solusi bagi perusahaan dalam menjaga loyalitas pelanggan dengan memberikan pelayanan yang maksimal. Kata kunci: CRM, Website, Metode CRM-IRIS, Kuesioner SUS, Digital Printing.
Copyrights © 2022