Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman terkait dengan permasalahan yang dapat menyebabkan pelaksanaan dalam proses kegiatan pembelajaran dalam jaringan (daring) pada pelaksanaannya belum dapat berjalan dengan efektif. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun program terhadap pelaksanaan pembelajaran daring di FISIP Untan belum efektif dikarenakan pada pelaksanaannya masih terdapat adanya masalah dan kendala. Untuk itu penelitian ini menggunakan teori indikator pengukuran ekeftivitas oleh (Sutrisno, 2007: 125-126) diantaranya ialah : (1) Pemahaman Program, (2) Ketepatan Sasaran, (3) Ketepatan Waktu, dan (4) Pencapaian Tujuan. Yang mana subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa IAP angkatan 2018-2020, dosen, serta staff pelayanan akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan masalahdalam ketercapaian tujuan dari program pembelajaran daring yang efektif. Diantara masalahnya yaitu pada pelaksanaan pembelajaran daring belum adanya ketepatan waktu dalam artian jadwal pembelajaran yang berubah-ubah, dosen dan mahasiswa yang kurang dapat melakukan interaksi dengan baik, pelayanan administrasi yang belum mempuni kebutuhan mahasiswa selama pelaksanaan pembelajaran daring, pembelajaran daring yang belum dapat tercapai dengan baik sesuai dengan tujuan-tujuannya. Saran penelitian ini adalah mengaharapkan tenaga pendidik untuk lebih berperan aktif mengayomi mahasiswa ditengah-tengah keterbatasatan pembelajaran dalam daring yang artinya pembelajaran daring ini harus dapat mengimbangi kebutuhan mahasiswa walaupun pembelajaran dilakukan dengan keterbatasan jarak antar ruang.Kata kunci: Efektivitas, Program, E-learning, Pembelajaran Daring.
Copyrights © 2021