Journal of Animation & Games Studies
Vol 8, No 2 (2022): Oktober 2022

Evaluasi Perancangan Motion Graphic Dua Dimensi sebagai Multimedia Pendukung bagi Siswa SMK pada Masa Online Learning

Agung Adi Firdaus (Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang)
Gilang Ramadhan (Program Studi Sistem Informasi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Semarang)
Rizqia Salsabila (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Semarang)
Mohammad Nashrullah (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat membantu siswa memahami materi dan membuat pembelajaran lebih efisien dan efektif. Media yang ada saat ini sangatlah beragam karena didukung oleh kemajuan teknologi informasi. Salah satu bentuk teknologi informasi yang membantu pembelajaran adalah animasi. Animasi merupakan media yang dinilai dapat membantu pemahaman siswa. Jaringan komputer merupakan ilmu yang luas yang di dalamnya mencakup topologi jaringan. Masih banyak sekolah dalam memberi materi topologi jaringan menggunakan metode pembelajaran yang monoton sehingga sulit untuk dipahami, apalagi saat online learning.  Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode wawancara yang dilakukan dengan staf seksi pengembangan Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, observasi lapangan, studi pustaka dan analisis validasi ahli materi dan ahli media. Pengujian terdiri dari uji coba pemutaran animasi, uji validasi oleh ahli media dan uji validasi oleh ahli materi. Pengujian single user berupa pemutaran animasi menggunakan VLC Media Player di media laptop ASUS X454Y menunjukkan bahwa pengembangan motion graphic sukses. Hasil uji validasi ahli media mendapatkan skor 83,6%, menunjukkan media yang dibuat sangat valid dan dapat digunakan tanpa membutuhkan revisi, namun aspek audio narator dinilai kurang maksimal. Sedangkan uji ahli materi memperoleh skor 94,2% menunjukkan materi yang dibuat sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jags

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of Animation & Games Studies (JAGS) merupakan jurnal interdisipliner mengenai perkembangan riset, rekayasa cipta, studi pustaka maupun kajian di bidang animasi dan game yang termasuk dalam ranah seni terapan media ...