Journal of Business and Economics (JBE) UPI YPTK
Vol. 7 No. 3 (2022): September 2022

Analisis Waiting Time, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas dengan Kepuasan sebagai Pemediasi

Ardoni Ardoni (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waiting time, kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas pasien dengan menggunakan kepuasan pasien sebagai variabel intervening. Pada penelitian ini, objek yang digunakan adalah Rumah Sakit Paru Sumatera Barat. Cara penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dengan metode simple random sampling sehingga dari 8.322 populasi diperoleh sampel sebanyak 100 pasien. Data pada penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis jalur. Hasil penelitian berhasil membuktikan bahwa: waiting time berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien, Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien,waiting time berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien, kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien, kepuasan pasien berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jbeupiyptk

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Business and Economics (JBE) UPI YPTK is a peer reviewed journal published by Universitas Putra Indonesia, YPTK, Padang West Sumatera, Indonesia. The journal publishes original works that advance knowledge of theory, practice and research in the area of management including accounting, ...