Hollywings merupakan perusahan yang bergerak dibidang makanan dan minuman. Hollywings mengunggah iklan promo yang ada di instagram. Desain yang dibuat yaitu ada nama Muhammad dan Maria di label botol minuman keras. Desain tersebut membuat kontroversi masyarakat indonesia. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskripstif analisis semiotika Roland Barthes dan studi pustaka terkait prespektif agama dan UU Negara.hasil penelitian ini yaitu Makna desain iklan terbagi menjadi penanda yaitu desain iklan tersebut membuat kontroversi sebab menggunakan nama Muhamad dan Maria dalam label botol minuman keras, petanda yaitu tidak semua desain iklan yang dibuat dapat menarik minat konsumen, sedangkan denotasimya yaitu desain iklan hollywings.Pada penelitian ini bahwa desain iklan hollywings dalam prespektif semiotika Roland Barthes terdapat tiga makna penanda desain iklan hollywings membuat kontroversi dan melanggar hukum undang-undang ITE. Pandangan agama terkait desain iklan tersebut termasuk kategori penistaan agama yang dijelaskan pada surat al-Taubah: 12 &65, al-Ahzab:57
Copyrights © 2022