Pengajaran sastra di lembaga pendidikan masih sangat memprihatinkan. Kekhawatiran ini muncul dari anggapan dan beberapa penelitian menyimpulkan bahwa pengajaran sastra belum menyentuh substansi atau tujuan utamanya karena rendahnya minat dan kemampuan siswa terhadap apresiasi sastra, khususnya puisi. Salah satu metode yang dapat meningkatkan kemampuan apresiasi puisi adalah sugestopedia. Penelitian ini berusaha untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan peningkatan kemampuan apresiasi puisi berbasis metode sugesti pada siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 2 Tanggul. Dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini berusaha mengkaji hasil tes tingkat kemampuan siswa dalam mengapresiasi, memahami, membaca, dan menulis puisi dalam proses belajar-mengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode sugestopedia berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam apresiasi puisi. Hal ini ditandai dengan hasil belajar dari pra tindakan sampai siklus II. Kemampuan mengapresiasi, membaca, dan menulis puisi meningkat dari kategori kurang menjadi baik bahkan sangat baik pada siklus II, dan sikap positif siswa terhadap sastra juga meningkat.
Copyrights © 2022