Belajar merupakan kegiatan fisik dan psikis yang tertinggi dalam kehidupan manusia. Ada beberapa metode dalam pembelajaran, salah satunya adalah dengan mengikuti bimbingan belajar bagi calon peserta SBMPTN khususnya di daerah Semarang. Banyaknya lembaga bimbingan calon peserta bingung dalam menentukan lembaga bimbingan belajar yang dirasa tepat dan sesuai dengan keinginan siswa dan minimnya informasi yang diperoleh orang tua ataupun calon peserta sehingga kesulitan dalam menentukan tempat bimbingan belajar. Tujuan dibuatnya penelitian ini adalah merancang dan membangun sistem informasi pendukung keputusan pencarian tempat bimbingan belajar agar memudahkan calon peserta dalam menemukan tempat bimbel yang tepat dan sesuai. Ada beberapa faktor yang menjadi acuan dalam pemilihan lembaga bimbingan belajar yaitu biaya, ukuran kelas dan jumlah presentase kelulusan. Untuk mengatasi hal tersebut salah satu metode yang digunakan adalah AHP. Penggunaan AHP dimaksudkan untuk melakukan perbandingan antara kriteria dan alternatif. Perbandingan dilakukan dengan menghitung nilai kepentingan masing-masing kriteria dan alternatif sehingga diperoleh nilai priority vector kemudian menghitung nilai total skor tiap alternatif. Hasil dari sistem ini berupa rangking dari setiap alternatif atau lembaga bimbingan belajar. Dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa metode AHP dapat diimplementasikan dalam sistem pencarian tempat bimbingan belajar.Kata kunci: Sistem pendukung keputusan, Lembaga bimbingan belajar, analytical hierarchy proccess
Copyrights © 2022