DIRASAT Jurnal Manajemen & Pendidikan Islam
Vol. 8 No. 2 (2022): July-December

Manajemen Pengorganisasian Program Bahasa Arab 1 Bulan di Lembaga Kursus Kampung Inggris

Fiki Qotrun Nada (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)
Afifah Shofia Faradisa (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)
Nur Kholid (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2022

Abstract

Setiap lembaga memiliki cara tersendiri dalam mengelola program-program yang telah dibentuk, seperti program bahasa Arab 1 bulan yang ada di lembaga Al-Azhar Pare Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi mengenai manajemen pengorganisasian dalam program bahasa Arab 1 bulan di lembaga kursus Al-Azhar Pare, serta kelebihan dan kekurangan manajemen pengorganisasiannya. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data-data yang relevan dengan tujuan penelitian dikumpulkan dengan teknik wawancara dan observasi. Setelah terkumpul, data dianalisis dengan teknik model Miles dan Huberman. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa manajemen pengorganisasian pada program 1 bulan di lembaga Al-Azhar memuat beberapa langkah atau proses, mulai dari tujuan lembaga Al-Azhar, penentuan dan pengklasifikasian kegiatan, pendelegasian wewenang, penetapan jumlah ustaz, struktur organisasi, serta monitoring dan reorganisasi. Selain itu, hasil penelitian juga memaparkan mengenai kelebihan dan kekurangan manajemen pengorganisasian dalam program bahasa Arab 1 bulan di lembaga kursus Al-Azhar Pare. Each institution has its way of managing the programs that have been formed, such as the 1-month Arabic program at the Al-Azhar course institution, Pare Kediri. This study aims to describe organizational management, the advantages and disadvantages of organizing management in the 1-month Arabic program at the Al-Azhar course institution. The researcher uses a qualitative approach with descriptive method. The relevant data to the formulation of the problem was collected using interview and observation techniques. After collecting the data, they were analyzed using the Miles and Huberman model of analysis technique. The results of the study conducted by the researcher show that the organizational management of the 1-month Arabic program at the Al-Azhar course institution contains several steps or processes starting from the goals of the Al-Azhar institution, determining and classifying activities, a delegation of authority, determining the number of teachers, organizational structure, as well as monitoring and reorganization. In addition, the results of the study also describe the advantages and disadvantages of organizational management in the 1-month Arabic language program at the Al-Azhar course institution.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dirasat

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Dir?s?t: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam (E-ISSN: 2527-6190; P-ISSN: 2503-3506) adalah jurnal ilmiah berkala sebagai media desiminasi hasil kerja akademik para peneliti, dosen dan penulis. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah konsepsional dan hasil penelitian seputar Manajemen Pendidikan ...