EMPATI
Vol 9, No 2 (2022): Empati

hubungan antara penyesuaian diri dengan kecemasan komunikasi dalam pembelajaran daring siswa kelas 10 SMAN di kecamatan Muaradua Sumatera Selatan

yanti, delima (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2022

Abstract

Pembelajaran melalui online atau daring dilakukan bertujuan untuk memberikan pembelajaran tanpa batas ruang dan waktu kepada siswa pembelajaran dilakukan memalui gambar,video,teks,serta aplikasi yang tersedia. Akan tetapi pada pembelajaran daring ini berpontensi menimbulkan kecemasan dalam komunikasi siswa yang dikarenakan kurangnya penyesuaian diri siswa terhadap pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian diri dengan kecemasan komunikasi siswa kelas 10 di SMA se kecamatan Muaradua Sumatera Selatan selama pembelajaran daring. Metode penelitian ini adalah metode peneltian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah 202 dari 479 siswa dengan menggunakan cluster random sampling. Alat pengumpulan data adalah skala penyesuaian diri dan skala kecemasan komunikasi. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan penyesuaian diri dengan kecemasan komunikasi siswa pada pembelajaran daring dengan memberikan sumbangsih sebesar 11.1%, sedangkan sisanya dipengaruhi prediktor lain. Guru BK dapat memberikan tretmen maupun model-model konseling yang tepat dan baik agar dapat mereduksi kecemasan komunikasi dengan pemberian layanan yang dapat meningkatkan penyesuaian diri.Kata kunci: Kecemasan Komunikasi; Penyesuaian Diri; Dan Pembelajaran Daring

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

EMPATI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

EMPATI - Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan jurnal ilmiah hasil penelitian di bidang Bimbingan dan Konseling, yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP Universitas PGRI Semarang. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun, dibulan April dan Oktober, untuk memasukkan ...