Latar belakang: Anak sekolah dasar masih kurang pengetahuan mengenai gizi seimbang. Anak sekolah dasar lebih mengetahui 4 sehat 5 sempurna dibandingkan Pedoman Gizi Seimbang (PGS). Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari ketiga media mengenai gizi seimbang. Metode: Penelitian ini berjenis eksperimental dengan sampel murid kelas 4 dan 5. Saat edukasi dibedakan menjadi offline dan online dikarenakan keadaan COVID-19 masih diberlakukan pembatasan. Sampel dipilih dengan metode purposive samplin yang berjumlah 69 orang. Hasil: Hasil uji Wilcoxon dan Paired t-test dengan menganalisis data dari pre-test dan post-test didapatkan nilai p = 0,001 untuk media poster, nilai p = 0,006 untuk media video boneka tangan, dan nilai p = 0,003 untuk media buku cerita. Kesimpulan: Media poster memiliki nilai signifikan yang paling baik dibandingkan kedua media lainnya, namun ketiga media tersebut dapat meningkatkan pengetahuan anak sekolah dasar kelas 4 dan 5 di SDN Margahayu 19 Bekasi.
Copyrights © 2022