Latar Belakang: Kualitas Layanan adalah cara melayani, membantu menyiapkan, mengurus, menyelesaikan keperluan, kebutuhan seseorang atau sekelompok orang. Kepuasan pasien diartikan sebagai interaksi antara harapan dan pengalaman sesudah memakai jasa atau pelayanan diberikan.. Tujuan penelitian untuk mengetahui Hubungan kualitas layanan terhadap kepuasan pasien di Unit Rawat Jalan Puskesmas Mehalaan Tahun 2022. Metode: Rancangan penelitian yang digunakan Cross Sectional Study, dengan total sampel sebanyak 166 responden. Teknik Sampling yang digunakan pada penelitian kuantitatif ini ialah Purposive Sampling. Penelitian ini juga menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Hasil: Penelitian menunjukan bahwa Kualitas layanan berHubungan positif signifikan secara langsung terhadap kepuasan pasien di unit rawat jalan Puskesmas Mehalaan tahun 2022 (0,000>0,05), Kualitas layanan tidak berHubungan positif signifikan secara langsung terhadap minat kembali di unit rawat jalan Puskesmas Mehalaan tahun 2022 (0,853>0,05), Kepuasan pasien berHubungan positif signifikan secara langsung terhadap minat kembali di unit rawat jalan Puskesmas Mehalaan tahun 2022 (0,013<0,05). Kesimpulan: (1) Penegakkan diagnosis berHubungan terhadap Kepuasan pasien (2) Ketersediaan obat berHubungan terhadap Kepuasan pasien (3) Kebersihan ruangan berHubungan terhadap Kepuasan pasien (4) kesopanan dan keramahan berHubungan terhadap Kepuasan pasien (5) pelayanan cepat tanggap berHubungan terhadap Kepuasan Pasien.
Copyrights © 2023