Jurnal IPA Terpadu
Vol 6, No 2 (2022)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI TELEGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 7 MAKASSAR

Sukmawati Sukmawati (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)
Muh. Tawil (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Aqil Rusli (Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) besar peningkatan hasil belajar IPA peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran E-Learning menggunakan aplikasi Telegram, 2) besar peningkatan hasil belajar IPA peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran E-Learning menggunakan aplikasi WhatsApp 3) perbedaan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Makassar yang diajar dengan model pembelajaran E-Learning menggunakan aplikasi Telegram dan WhatsApp.Jenis penelitianadalah quasy experiment dengan desainNonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas VIII SMPN 7 Makassar. Sampel dipilih secara purposive sampling dan diperoleh masing-masing 20 peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol.Instrumen berupates hasil belajar yang hasilnya dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) hasil belajar IPA peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran E-Learning menggunakan aplikasi Telegram mengalami peningkatan dengan N-Gain 0,58 pada kategori sedang, 2) hasil belajar IPA peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran E-Learning menggunakan aplikasi whatsapp mengalami peningkatan dengan N-Gain 0,29 pada kategori rendah, 3) terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran E-Learning menggunakan aplikasi Telegram dengan menggunakan Aplikasi WhatsApp.

Copyrights © 2022