Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) besar peningkatan hasil belajar IPA peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran E-Learning menggunakan aplikasi Telegram, 2) besar peningkatan hasil belajar IPA peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran E-Learning menggunakan aplikasi WhatsApp 3) perbedaan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Makassar yang diajar dengan model pembelajaran E-Learning menggunakan aplikasi Telegram dan WhatsApp.Jenis penelitianadalah quasy experiment dengan desainNonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas VIII SMPN 7 Makassar. Sampel dipilih secara purposive sampling dan diperoleh masing-masing 20 peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol.Instrumen berupates hasil belajar yang hasilnya dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) hasil belajar IPA peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran E-Learning menggunakan aplikasi Telegram mengalami peningkatan dengan N-Gain 0,58 pada kategori sedang, 2) hasil belajar IPA peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran E-Learning menggunakan aplikasi whatsapp mengalami peningkatan dengan N-Gain 0,29 pada kategori rendah, 3) terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran E-Learning menggunakan aplikasi Telegram dengan menggunakan Aplikasi WhatsApp.
Copyrights © 2022