Pi: Mathematics Education Journal
Vol. 5 No. 2 (2022): Oktober

KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN JENIS KELAMIN

Lia Budi Tristanti (STKIP PGRI Jombang)
Nurul Aini (STKIP PGRI JOMBANG)
Siyono (STKIP PGRI JOMBANG)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi artimatika sosial berdasarkan jenis kelamin. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah 2 siswa MTsN 4 Jombang kelas VII yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Instrumen pendukung dalam penelitian ini ada 2, yaitu: lembar tes kemampuan koneksi matematis dan pedoman wawancara. Lembar tes ini digunakan untuk menggambarkan kemampuan koneksi matematis siswa berdasarkan jenis kelamin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa laki-laki memenuhi indikator mengembangkan ide matematika yang dihadapi dalam konteks kehidupan dan menggunakan hubungan antar konsep matematika. Sedangkan kemampuan koneksi matematis siswa perempuan memenuhi indikator mengembangkan ide matematika yang dihadapi dalam konteks kehidupan, menggunakan hubungan antar konsep matematika, dan merelasikan berbagai representasi konsep atau prosedur satu sama lainnya

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pmej

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Pi: Mathematics Education Journal is issued as an academic journal and devoted to the publication of research papers in the field of mathematics education. Mathematics education should be interpreted to mean the whole field of human ideas and activities that could affect the teaching and learning of ...