E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Vol 11 No 9 (2022)

PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN NIAT BERPERILAKU (Studi pada Flamingo Bali Family Beach Club)

Ni Nyoman Rsi Respati (Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa pengaruh experiential marketing yang terdiri atas pengalaman sensorik, afektif, kognitif-kreatif, gaya hidup dan pengalaman yang berhubungan dengan budaya terhadap kepuasan dan niat berperilaku pengunjung. Penelitian dilakukan di tempat wisata keluarga Flamingo Bali family beach club di Pantai Saba, Gianyar. Sampel penelitian ini adalah pengunjung domestik yang datang ke Flamingo Bali family beach club sekitar bulan Mei-Juni 2021. Penentuan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling sebanyak 88 orang dan menggunakan analisis deskriptif dan metode Partial Least Square (PLS). Skala likert digunakan untuk memperoleh data dan mengukur indikator penelitian ini. Hasil penelitian menjawab keempat hipotesis yang diajukan yaitu; experiential marketing memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan (satisfaction) dan niat berperilaku (behavioral intention); kepuasan memiliki pengaruh positif terhadap niat berperilaku. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kepuasan memainkan peranan penting dalam memengaruhi niat berperilaku pengunjung. Penelitian ini memiliki implikasi penting yang berkaitan dengan aspek-aspek yang mempengaruhi kepuasan pengunjung seperti: fasilitas playground tempat bermain anak, tampilan makanan dan minuman dan service pramusaji membuat pengunjung bersedia memberikan word of mouth yang positive, menceritakan pengalaman mereka selama berkunjung dan mengajak teman atau kerabat untuk kembali.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and ...